ads slot

Journals:

ZAKAT, Membuka Hati dan Peduli Lingkungan

Posted by : Irsalina Nur Shabrina

Assalamu’alaikum wr. wb.
Sebelumnya, afwan jiddan atas keterlambatan dalam posting artikel kegiatan-kegiatan DIS selama ini. Oleh karena itu, admin mencoba untuk ‘menebus’ dengan posting mengenai beberapa kegiatan DIS yang selama ini belum sempat terpublikasikan sekaligus...

Ini dia, silakan dinikmati....



Setelah sukses menyelenggarakan event GARPU, ada kegiatan zakat fitrah dengan membagi-bagikan sembako berupa beras kepada masyarakat di sekitar SMA Negeri 1 Magelang. Kenapa harus masyarakat di sekitar lingkungan sekolah sih?? Alasannya adalah untuk menunjukkan kepedulian siswa-siswi muslim SMA Negeri 1 Magelang terhadap penduduk sekitar sekolah. Selama ini mungkin kita kurang memperhatikan para penduduk yang tinggal di sekitar sekolah, misalnya nih, beberapa waktu yang lalu ada komentar tentang ramenya anak-anak SMA 1 di sekolah atau mengenai bel atau mikrophone sekolah yang suaranya minta ampun sampe ke luar sekolah, mungkin karena yang ngasih pengumuman semangat kali ya??.

Nah, menanggapi itu semua, maka kita harus menunjukkan langkah awal berupa kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar, ya to?? Masa’ kita akan membagikan zakat pada masyarakat yang tidak dekat, padahal yang dekat saja masih banyak yang kurang mampu.
Kegiatan zakat fitrah ini diawali dengan pengumpulan beras, siswa-siswi juga diperbolehkan mengumpulkan uang yang nilainya sama dengan harga 2,5 kg beras. Setelah itu, baru semua pengurus DIS beraksi....

Langkah awal yang di lakukan adalah dengan mendata siapa saja keluarga kurang mampu yang tinggal di dekat lingkungan sekolah, dan masing-masing keluarga diberi kupon sebagai tanda pengambilan beras nanti.

Kemudian tiba saatnya untuk menimbang!!! Jeng...jeng...jeng... di ‘ajang menimbang’ ini keliatan banget yang bakat jadi bakul beras. Hehehehhe... selamat buat ukhti Gunis yang langsung jago nimbangi walo menurut pengakuannya baru waktu itu belajar nimbangi beras... Beras yang terkumpul tadi dikemas dalam wadah plastik nan indah dan rapi, kemudian dibagikan langsung ke keluarga yang membutuhkan.

Wah, antusiasme masyarakat terhadap kegiatan kali ini sangat besar. Semua kupon yang dibagikan sudah ditukarkan dengan beras yang disediakan. Bahkan, terlihat beberapa nenek kakek yang sudah lanjut usia menyempatkan diri untuk datang mengambil berasnya, tapi karena ternyata tidak kuat membawa akhirnya ada yang berasnya harus diantar ke rumah.... selain itu, ada juga ibu-ibu yang sedang hamil besar. Pokoknya rame,deh!
Selain dibagikan kepada masyarakat sekitar, beras yang terkumpul juga disalurkan ke lembaga-lembaga yang mengurusi masyarakat kurang mampu. Misalnya panti asuhan dan masjid-masjid.

Oke deh, semoga kegiatan zakat dapat bermanfaat bagi yang membayarkannya juga bagi yang menerimanya. Amien...
Share on Google Plus

About Dewan Islam Sekolah

Ekstrakurikuler yang bernafas Islam di SMAN 1 Magelang sebagai sarana dakwah syiar Islam baik internal maupun eksternal SMAN 1 Magelang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar