ads slot

Journals:

GARPU (Gladiool Ramadhan Kampus)


Assalamu’alaikum, ya akhi and ukhti....menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini nih, Dewan Islam Sekolah punya event gede berupa kegiatan yang dikhususkan bagi siswa2 SMANSA kelas X bertajuk GARPU atau Gladiool Ramadhan Kampus. Nah, kegiatan ini sudah dilaksanakan kemarin tanggal 6-7 September 2008.

Sobat Ulul Albab pengen tau kayak apa sih acaranya???

Jeng... jeng... jeng......

Diawali registrasi pada jam 15.00 WIB, dibukalah Gladiool Ramadhan Kampus taon ini. First, ada pembukaan dan materi dari Kapolwil tentang narkoba dan bahaya2nya. Materi yang biasanya membosankan jadi terasa meriah dengan selingan canda dari bapak Kapolwil yang ramah2 dan mampu membuat suasana jadi “gerrrrrr....”. Materi selesai tepat saat adzan maghrib berkumandang. Semua peserta bersemangat membatalkan puasa dengan snack yang sudah disediakan panitia. Nah, sebelum menyantap makan utama peserta menjalankan ibadah shalat maghrib. Hidangan prasmanan disambut dengan penuh sukacita. Secara setiap anak bebas nambah porsi gitu loh....



Setelah perut kenyang acara dilanjutkan dengan tarawih dan tadarus bersama. Tarawih selesai sekitar jam 20.30. abis itu, ada materi dari mas Anton yang notabene adalah alumni Smansa tercinta ini. Materi ini nih, materi yang bener2 bisa bangkitin ghirah keislaman kita. Tentang apaan sih??? Mas Anton ini menyuguhkan materi berjudul “Bangkitlah Pemuda untuk Islam Jaya”.

Oya, sebelum penyampaian materi, peserta disuguhkan penampilan nasyid “Sinchan” dari para ikhwan2 kelas xii yang menampilkan 2 buah lagu dan dibawakan dengan gaya yang kocak abis dan bikin mata melek gak jadi ngantuk. Weleh2... pokoknya bikin suasana tambah semarak gitu deh... oke deh, lain kali kita bakalan undang ikhwan2 kelas xii ini lagi bwat bikin acara tambah rame n gokil punya...

Setelah capek2 dengerin materi, akhirnya acara selesai jam 22.00 trus dilanjutin piknik ke negeri kapuk. Tapi....sekitar jam 2 dini hari, semua peserta harus bangun buat ikutan muhasabah. Apaan siy muhasabah itu??? Nah, sesi acara muhasabah ini bertujuan bwat instrospeksi diri, pokoknya biar semua yang hadir dapat mengoreksi kekurangan diri sendiri. Di sesi ini disuguhkan sebuah drama yang mengharukan, bikin ngeri, bikin inget mati, bikin takut dosa, yah pokoknya bikin semua peserta sadar kalo kita semua hidup masih punya banyak kesalahan. Wah, suasana jadi haru dan banyak banget yang nangis, terutama dari kaum akhwat.

Drama terasa begitu menegangkan dengan adanya adegan kematian tokoh utama yang kemudian membawa kesengsaraan di alam kubur, karna ia tidak bisa menjawab pertanyaan2 dari malaikat penjaga kubur. Nah, di sinilah adegan yang paling bikin ngeri, gimana enggak coba?? Di depan mata seluruh peserta, diperagakan bagaimana malaikat menyiksa tokoh utama yang di dunia selalu berbuat maksiat. Dari drama muhasabah ini kita bisa mendapat hikmah, gunakan waktu kita di dunia ini dengan mengisinya dengan keimanan dan ketaqwaan pada Allah supaya kita tak menyesal nantinya. Toh hidup kita ini hanya titipan dari Allah, yang sifatnya tidak kekal selamanya.

Setelah sekian lama larut dalam banjir air mata, semua peserta beserta panitia berhak menikmati makan sahur meski dengan mata sembap habis nangis plus terharu dengan drama tadi. Yah, moga2 drama muhasabah tadi dapat memberikan motivasi agar kita semua harus jadi manusia yang lebih baik di masa yang akan datang. Amin....

Eitz...jangan dikira habis sahur bisa langsung tidur lagi yah.... sambil nunggu waktu shalat subuh, semua peserta wajib hukumnya buat tadarus dan baca Al-ma’tsurat bareng2... Alhamdulillah, pagi itu terasa lebih istimewa dengan kuliah subuh dari Mas Faiz, yah... walopun di dengarkan dengan mata 5 watt, tapi insyaallah tetep semangat. Sayang banget kalo sampe gak bisa nikmatin acara ini, secara cuman setaon sekali gitu... ya gak sih???

Ukei... mengawali acara di pagi hari itu, di adakan riyadhoh masing2 utk ikhwan di depan GI dan yang akhwat di lapangan atas. Riyadhoh ini juga membuktikan bahwa kita sebagai umat muslim juga peduli kesehatan dengan melakukan olahraga bersama. Kesehatan kan penting banget, ya kan guys??

Setelah acara riyadhoh selesai, peserta dipersilakan utk MCK secara bergiliran. Dan sebagian yang sedang menunggu giliran, bersama2 kelompoknya bermain beberapa games untuk menguji kekompakan mereka. Wah, games terasa seru dengan aksi2 kocak bin banyol dari masing2 peserta. Waiya...tapi ternyata ada beberapa peserta yang ogah mandi tuh... katanya punya prinsip : mandi gak mandi yang penting wangi... wah2, ajarannya sapa tuh???

Games yang seru pun harus di stop. Semua peserta harus naik lagi ke aula untuk nonton film bareng. Film yang diputer adalah “upin dan ipin” yang plis deh, bikin enggak bisa nahan ketawa... aula pun ramai dengan gelak tawa dari semua peserta... wah kalo acaranya kayak gini sih, bikin betah banget...

Eh, ternyata setelah itu ada pengumuman the best group selama GARPU yang penilaiannya dilakukan secara gerilya...hehe... akhirnya terpilihlah kelompok ke 14 sebagai juaranya... selamat yah... selain itu ada juga kategori juara puisi dan cerpen islami terbaik... pokoknya selamat deh buat para pemenangnya. Semoga bakat menulisnya bisa berkemabang. Sip deh!!! Semangat!!!

Dan....tibalah saatnya di penghujung acara. Ada dooprize buat beberapa peserta yang berani maju ke depan buat ngungkapin kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan GARPU ini... kemudian ada muhasabah lagi dari bu Fatimah Balagh yang sekali lagi bikin semua terharu....

Finally.....selesai deh acara GARPU 1429 H....
Share on Google Plus

About Dewan Islam Sekolah

Ekstrakurikuler yang bernafas Islam di SMAN 1 Magelang sebagai sarana dakwah syiar Islam baik internal maupun eksternal SMAN 1 Magelang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. yeeee.....

    akhirya GARPU sukses juga!!!!


    semangat bwat proker2 selanjutnya!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus