ads slot

Journals:

MABIT 1438 H "OPEN YOUR HEART, FOLLOW YOUR PROPHET"

                


Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) adalah salah satu program kerja yang telah dilaksanakan Dewan Islam Sekolah 13 pada tanggal 11-12 Desember 2016. Kegiatan ini wajib diikuti seluruh siswa SMAN 1 Magelang kelas X yang terbagi dalam 10 distrik, yaitu distrik A-distrik E untuk ikhwan dan distrik F-distrik J untuk akhwat. Mabit tahun ini dilaksanakan untuk memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW dengan mengusung tema Open Your Heart, Follow Your Prophet.
Acara mabit secara resmi dibuka pukul 13.00 oleh Bapak Fahmi di Gedung Induk lantai 3. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan oleh kajian yang disampaikan oleh Ustad Solichin di tempat yang sama.
Setelah kajian, acara dilanjutkan dengan ishoma. Seluruh peserta diberi kebebasan selama 40 menit mulai pukul 15.00-15.40 untuk istirahat, shalat, dan makan. Seusai ishoma, para peserta diarahkan menuju aula untuk melaksanakan acara selanjutnya, yaitu LCC.
LCC dilaksanakan dalam dua babak, babak penyisihan dan babak final. Dalam setiap babak, ada dua macam ronde, yaitu ronde benar salah dan ronde rebutan. Setiap distrik wajib mengirimkan tiga wakilnya untuk melaksanakan lomba ini. Setelah melalui babak penyisihan dengan sangat ketat dan mengundang tawa, terpilihlah tiga distrik yang masuk ke babak final, yaitu distrik F, distrik I, dan distrik J. Setelah melalui babak final yang menegangkan, pemenangnya akan diumumkan esok hari saat penutupan acara.
Setelah berkompetisi dalam Lomba Cerdas Cermat, semua peserta dan panitia shalat maghrib di aula secara berjamaah. Seusai itu, diadakan ishoma kembali selama satu jam mulai pukul 18.15-19.15. Disediakan makan besar oleh panitia yang dimakan bersama-sama di ruang kelas masing-masing peserta. Setelah selesai, semua peserta dan panitia menuju aula lagi untuk melaksanakan shalat isya berjamaah.
Seusai shalat, peserta kembali ke kelas untuk mempersiapkan diri. Mereka diarahkan kembali ke aula dengan memakai baju bewarna putih atau cerah. Acara yang akan dilakukan di aula ini adalah acara puncak dari kegiatan mabit, yaitu muhasabah yang diharapkan sebagai wadah introspeksi diri menjadi lebih baik lagi. Muhasabah diisi oleh Akhi Agusta Pamungkas dari Mine Production. Yang berbeda dari muhasabah biasanya adalah di penghujung acara, terdapat surat cinta dari orangtua peserta yang membuat suasana semakin haru. Surat tersebut berisi nasihat, kata motivasi, cerita, dan lain sebagainya yang memang telah dipersiapkan dengan matang oleh pihak Mine Production dan panitia. Setelah acara muhasabah selesai, peserta diarahkan menuju kelas masing-masing untuk tidur.
Pukul 03.00, peserta dan panitia mulai bangun untuk melaksanakan shalat tahajjud. Pukul 04.00, dilaksanakan shalat shubuh berjamaah di aula yang dilanjutkan oleh kultum. Seusai itu, diadakan liqa’ oleh PJ masing-masing distrik selama 90 menit. Untuk ikhwan di sekitar sekolah dan untuk akhwat tetap di kelas. Materi yang umum disampaikan adalah Syakhsiyah Islam (Kepribadian Islam).
Pukul 06.00-07.00 diadakan free time dan persiapan pulang. Setelah itu, diadakan penutupan acara di aula yang dilanjutkan oleh pengumuman pemenang lomba. Berikut daftar pemenang setiap kategorinya:
1)      Pemenang LCC
Juara 1 : Distrik J
Juara 2 : Distrik I
2)      Distrik terbaik : Distrik E
3)      Peserta terajin Kajian Jumat Pagi (KJP)
-     Marga Kartika Geniayu (X IPA 2)
-     Diaz Tri (X IPS 4)
-     Lorin Dwi Praksiwi (X IPS 1)

Setelah penutupan, para peserta dipersilahkan untuk pulang. Semoga setelah adanya acara ini para peserta dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi, lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan senantiasa menjadikan Rasulullah SAW menjadi suri tauladan yang sesungguhnya.
Share on Google Plus

About Dewan Islam Sekolah

Ekstrakurikuler yang bernafas Islam di SMAN 1 Magelang sebagai sarana dakwah syiar Islam baik internal maupun eksternal SMAN 1 Magelang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar