ads slot

Journals:

DAKOCAN (DALAM KESUCIAN KALBU KITA CERIAKAN RAMADHAN)


Alhamdulillah,puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. yang telah memberikan limpahan rahmat kepada kami sehingga kami, anggota DIS kelas XI  telah selesai melaksanakan salah satu progam kerja yaitu ramadhan kampus. Serangkaian kegiatan itu antara lain pengajian PHBI, Kajian Ramadhan Kelas XI, Kajian Kelas XII, dan Ramadhan Kampus inti untuk kelas X.

Tema ramadhan kampus kita tahun ini adalah DAKOCAN (Dalam Kesucian Kalbu Kita Ceriakan Ramadhan). Acara dilakukan pada tanggal 11-12 Agustus 2012. Walaupun sebenarnya ada ide untuk ke Pabelan, tetapi hasil rapat penuh dengan menimbang sana sini akhirnya memutuskan untuk mengadakan Ramadhan kampus di lingkungan sekolah kita tercinta, SMAN 1 Magelang.

Berikut ini adalah sekilas cerita tentang Ramadhan Kampus inti untuk kelas X.

Acara pembukaan dimulai pukul 15.45 ngaret 15 menit dari jadwal. Dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia Zaky Al Hawari dan sambutan Kepala Sekolah yang baru Bp. Sucahyo Wibowo. Alhamdulillah, acara kali ini adalah acara perdana beliau setelah kembali ke SMAN1 Magelang dengan menjabat sebagai kepala sekolah. Setelah itu ada acara selingan dari sponsor utama kita Indosat. Acara berikutnya adalah acara materi Akutansi Syariah oleh alumni kita yang baik Mas Gigih.

Setelah materi pertama, akhirnya Adzan Maghrib mulai terdengar merdu di telinga kita. Dilanjutkan dengan solat Maghrib berjamaah di mushala atas. Tetapi, kapasitas mushala tidak muat untuk satu angkatan ditambah panitia dan alumni, sehingga shaf shalat  disambung hingga ke Aula. Semoga Aula kita dimasa akan datang dapat memenuhi kuota siswa – siswi SMAN1 Magelang, amin.

Kegiatan setelah berbuka,makan besar, solat isya’, solat tarawih adalah tadarus Al Quran. Alhamdulillah, suara-suara indah nan merdu dari siswa-siswi kelas sepuluh membuat suasana di SMAN1 Magelang menjadi tenang dan damai walaupun hanya sejenak. Setelah itu, adik-adik kelas X pun menyimak materi kedua, yaitu materi mengenai Fiqih yang ceria oleh Ustd. Solikhin. Dilanjutkan dengan acara yang disampaikan oleh Bp. Budi Ilmawan yang tak kalah seru, membuat acara yang berlangsung di larut malam itu menjadi ceria, bersemangat, penuh tawa, dan insyaallah mendapat berkah dari Allah SWT, aamiin. Acara pada malam itu berakhir dengan acara sedekah pukul 23.30 dari seluruh peserta dan panitia yang hadir . Alhamdulillah terkumpul uang berjumlah  Rp4.748.000,00. Semoga menjadi berkah bagi kita semua dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Acara malam itu pun ditutup dengan tidur hingga dini hari.
Pagi harinya, kami masih mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik. Setelah shalat tahajud, sahur, shalat subuh dan kultum, siswa-siswi SMAN1 Magelang melakukan riyadhah di lingkungan sekitar SMAN 1 Magelang. Dalam riyadhah itu panitia juga mengajak adik-adik kelas X untuk memainkan games yang seru serta menarik untuk melatih kekompakan, kecerdasan, keaktifan serta kesigapan siswa siswi.
Setelah riyadhah, adik-adik mendapat waktu untuk MCK dan shalat dhuha. Nah, setelah adik-adik segar kembali, kami melanjutkan materi berupa sosialisasi tentang DIS  yang disampaikan oleh para alumni. Acara ini diisi juga dengan tanya jawab antara peserta, panitia, dan alumni. Acara berikutnya adalah pembagian doorprize menarik dari sponsor sponsor kita.
Akhirnya pukul 11.00 WIB, acara ramadhan kampus berakhir dengan lancar. Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berkenan meluangkan waktu di awal liburannya, dan panitia yang tidak kalah sibuk yang selama sebulan ini mengurusi 4 proker sekaligus, serta kakak – kakak kelas XII dan alumni yang berkenan mau datang serta memberi support kepada DIS IX, syukron kakak :D.

Share on Google Plus

About Dewan Islam Sekolah

Ekstrakurikuler yang bernafas Islam di SMAN 1 Magelang sebagai sarana dakwah syiar Islam baik internal maupun eksternal SMAN 1 Magelang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: