ads slot

Journals:

OPENING MENTORING SMANSA 2016/2017

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini, kami selaku pengurus DIS akan memperkenalkan proker kami yaitu mentoring. Sebenarnya proker ini bukan baru saja berdiri tapi sudah lama sekali sejak beberapa angkatan yang lalu.

Apa itu mentoring? Mentoring adalah suatu kegiatan pembinaan atau pendidikan agama islam yang dilakukan secara efektif dengan membentuk kelompok kelompok kajian kecil. Biasanya setiap kelompok terdiri dari 3-10 orang ditambah satu mentor. Mentor adalah orang yang memberikan materi tentang mentoring tersebut. Mentoring ini dilakukan secara rutin tiap pekan atau berkelanjutan. Biasanya seminggu sekali atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam upaya mentoring ini, kami mewajibkan seluruh pengurus DIS untuk mengikuti mentoring. Untuk siswa-siswi selain pengurus DIS juga diperbolehkan mengikuti mentoring, Kenapa? karena kami berdakwah bukan hanya untuk diri sendiri saja melainkan juga untuk mengajak orang lain kepada kebaikan. Maka dari itu, mentoring ini dibuka untuk seluruh kalangan siswa SMAN 1 Magelang.

Kenapa kita harus ikut mentoring?
Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan bila mengikuti mentoring. Pertama, dengan adanya mentoring kita dapat mempererat ukhuwah, terutama ukhuwah islamiyah. Selain mempererat ukhuwah, kita juga mendapatkan banyak teman dalam lingkungan pergaulan yang baik. Kedua, meningkatkan wawasan keislaman. Mentoring dapat menambahkan wawasan kita tentang islam. Banyak hal hal yang belum kita ketahui tentang perkara islam. Nah, di mentoring inilah nantinya akan kita bahas perkara perkara tersebut. Ketiga, membentuk kepribadian yang utuh. Mentoring di sini memiliki tujuan membentuk karakter seorang muslim dengan membekali diri keimanan yang kuat. InsyaAllah kita menjadi lebih introspeksi diri menjadi seorang muslim. Keempat, hidup makin terarah karena dengan keimanan yang kuat serta wawasan keislaman yang luas, InsyaAllah hidup kita akan terarah atau tidak terseat. Kelima, mendapatkan pahala. Tentu saja kita akan mendapatkan pahala sebab mentoring termasuk menuntut ilmu. Orang yang menuntut ilmu kebaikan akan dimasukkan ke golongan jihad fisabilillah

Nah, mungkin itu saja kelima manfaat dari mengikuti mentoring. Sebenarnya masih banyak manfaat-manfaat lain dari mengikuti mentoring, tapi admin hanya bisa menyebutkan itu saja. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang tidak tersesat.
Sekian dari kami, semoga dapat bermanfaat. Kurang lebihnya kami mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Share on Google Plus

About Dewan Islam Sekolah

Ekstrakurikuler yang bernafas Islam di SMAN 1 Magelang sebagai sarana dakwah syiar Islam baik internal maupun eksternal SMAN 1 Magelang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: