ads slot

Journals:

Tiga Hal yang Membuat Kita Rugi Jika Menundanya

Rasulullah SAW. bersabda :
“Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda, yakni shalat jika telah tiba waktunya, jenazah apabila telah hadir, dan wanita apabila telah ada calon suami yang sekufu” (HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan)

Dalam hadist di atas disebutkan bahwa tiga hal tersebut akan membuat kita rugi apabila menunda dalam mengerjakannya. maksudnya kita harus menyegerakan dalam melaksanakan hal tersebut. Tiga hal yang membuat kita rugi jika menunda dalam mengerjakannya sesuai dengan hadits di atas adalah:

1. Sholat jika telah tiba waktunya
Apabila adzan berkumandang maka kita harus segera melaksanakan sholat, segera menuju masjid bagi para ikhwan dan bagi para akhwat akan lebih baik jika melaksanakan sholat di rumah. tidak ada ruginya jika kita menunda sebentar pekerjaan, belajar, atau kegiatan lain untuk melaksanakan perintah Allah SWT.
Sholat merupakan pembatas antara seorang yang muslim dan seorang yang kafir, apabila seseorang sering melalaikan sholat atau tidak pernah mengerjakan sholat, maka ia bisa saja dikatakan sebagai orang kafir.

2. Jangan tunda memakamkan jenazah
Jenazah harus sesegera mungkin dimakamkan, karena apabila ia sholih maka ia akan cepat menjemput nikmatnya dan apabila ia tidak baik akhlaknya akan mempercepat terputus fitnahnya. Namun pada kenyataanya, sekarang banyak jenazah yang ditunda untuk dikuburkan karena menunggu sanak saudaranya dari jauh agar melihat jenazahnya terlebih dahulu.

3. Menikahkan wanita yang telah memiliki calon suami
Apabila wanita telah memiliki calon suami maka ia harus segera dinikahkan untuk menjauhkannya dari fitnah fitnah dan perbuatan yang melanggar perintah Allah seperti zina mata, zina hati, zina telinga, dan sebagainya. ketika wanita sudah menikah maka yang ia lakukan bersama suaminya akan mendatankan pahala berbanding terbalik dengan wanita yang belum menikah apabila melakukan sesuatu dengan seorang laki-laki yang bukan mahramnya maka akan mendatangkan fitnah dan mendekat terhadap pebuatan zina yang jelas jelas sudah dilarang oleh Allah SWT dalam Q.S Al- Isra' ayat 32.

Semoga bermanfaat ~ :)
Share on Google Plus

About Unknown

Ekstrakurikuler yang bernafas Islam di SMAN 1 Magelang sebagai sarana dakwah syiar Islam baik internal maupun eksternal SMAN 1 Magelang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar