ads slot

Journals:

HEART INTELLIGENT

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Jurnal kali ini akan membahas secara singkat salah satu program kerja DIS Angkatan ke Lima (DELIMA) yang belum sempat di postkan di previous blog.
Acaranya adalah.....

“HEART INTELLIGENT”

Melihat kata2 di atas, mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya apaan sih Heart Intelligent itu??
Mungkin kita sudah terbiasa mendengar SBT (Spiritual Building Training) atau kadang disebut juga training ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Nah, Heart Intelligent ini merupakan salah satu rangkaian program kerja DIS angkatan ke 5 (DELIMA) yang belum pernah diadakan oleh angkatan2 sebelumnya. Acara ini mirip dengan SBT atau ESQ yang biasa, namun acara ini lebih fokus pada warga smansa kelas XII tahun ajaran 2008/2009, sebagai salah satu langkah memantapkan diri dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi, karena inti dari acara ini adalah FOKUS. Fokus mengikuti acara, fokus menentukan target, dan fokus dalam menjalankan komitmen.
Acara dimulai pada pagi hari dengan absensi. Kemudian peserta dipersilakan memasuki Balai Walikota. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an, sambutan dari perwakilan walikota, pembina dan tamu undangan.
Apresiasi para para peserta sangat tinggi, hal ini terbukti bahwa hampir semua peserta dengan tenang dan antusias mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir. Peserta duduk bersila dengan tertip dan demi kenyamanan acara, antara ikhwan dan akhwat di pisahkan.
Pada awalnya pembicara dari tim Sinergi memaparkan mengenai iman dan ikhsan, hingga kemudian membimbing para peserta untuk merefleksi diri, mengingat apa saja yang telah dilakukan selama umur hidup ini, dan bertanya pada diri sendiri apakah yang dilakukan sudah sesuai dengan apa yang diperintahakan Allah SWT. Pembicara kemudian memperlihatkan beberapa gambar dan video yang sangat amat menyentuh banget (haduh, lebai ini bahasanya). Beberapa kejadian memilukan yang kerap terjadi di sekitar lingkungan kita namun kita sering tidak memperhatikan dan seolah-olah tidak mau memperhatikan.
Pembicara mampu membawa seluruh peserta yang terdiri dari semua siswa kelas XII, panitia DIS, guru2, serta para tamu undangan untuk memasuki alam ‘pemikiran diri’, membuat semua peserta merenungkan apa yang sudah terjadi dan apa yang peserta telah lakukan selama masa hidup yang mungkin bisa berakhir kapan saja saat Allah telah menghendakinya. Saat itulah, dari beberapa sudut ruangan terdengar isak tangis kecil dari beberapa peserta.
Pada dasarnya acara ini ditujukan untuk siswa2 muslim kelas XII, namun ternyata ada siswa non-muslim yang juga ingin mengikuti jalannya acara. Alhamdulillah, bahkan siswa tersebut merasa mampu menyerap esensi dari acara Heart Intelligent ini.
Ayat-ayat suci Al-Quran yang ditunjukkan olah pembicara terasa pas dan sangat menyadarkan para peserta akan arti hidup yang terlalu berharga untuk disia-siakan dalam perbuatan maksiat. Dan saat sesi berdoa, beberapa peserta diberi mikrophon dan diperbolehkan berdoa.
Tak terasa acara telah selesai. Lega rasanya mampu berbuat baik dengan berdakwah pada sesame. Semoga tahun depan lebih baik lagi, amin.
Share on Google Plus

About Dewan Islam Sekolah

Ekstrakurikuler yang bernafas Islam di SMAN 1 Magelang sebagai sarana dakwah syiar Islam baik internal maupun eksternal SMAN 1 Magelang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar