ads slot

Journals:

SALING BERBAGI, SALING MEMBERI

Posted by: Irsalina Nur Shabrina

Momen Idul Adha memang waktu yang tepat untuk saling berbagi dan memberi. Berbagi dan memberi kepada mereka yang kurang mampu.
Sudah menjadi kewajiban seorang muslim untuk ikhlas dalam berkorban. Seperti yang dilakukan oleh nabi Ibrahim yang rela akan menyembelih putranya, Ismail, demi menjalankan perintah Allah. Coba bayangkan, betapa taatnya nabi Ibrahim kepada Allah sehingga ia rela mengorbankan putra yang sangat ia cintai. Namun atas kuasa Allah, maka saat Ismail akan disembelih, Allah menggantikannya dengan kambing.



Semua umat muslim tentunya tahu mengenai kisah nabi Ibrahim dan Ismail tersebut bukan?? Sudah menjadi kewajiban pula bagi kita untuk meniru keteladanan para utusan Allah.
Selama ini mungkin kita hidup berkecukupan, mau apa saja tinggal minta kepada orangtua. Nah, di kesempatan kali ini, sekaligus untuk mengisi kegiatan di hari raya Idul Adha, DIS mengajak seluruh warga Smansa untuk belajar berkorban dengan ikhlas. Caranya adalah dengan menyisihkan sebagian uang untuk dibayarkan guna membeli hewan kurban secara bersama-sama *atau malah masih ada yang minta kepada orang tua?*.

Total hewan kurban yang berhasil disembelih yaitu seekor sapi dan empat ekor kambing. Dua ekor kambing merupakan sumbangan dari bapak Astho dan mas Epin. Kemudian dagingnya dibagikan kepada masyarakat sekitar SMA Negeri 1 Magelang yang sebelumnya sudah didata dan dibagikan kupon. Alhamdulillah, masyarakat menyambut gembira adanya kegiatan penyembelihan hewan kurban ini.

Dan, apa sih peran DIS disini?? Sudah tentu, disini DIS berperan menjadi panitia yan g mengurusi mulai dari penyelenggaraan shalat Idul Adha berjamaah yang diadakan di halaman gedung induk sekolah, penyembelihan hewan kurban, pengemasan hewan kurban sampai pendistribusiannya.
Sebagian daging ada pula yang dimasak. Tugasnya yang akhwat nih, sebagian akhwat dan semua ikhwan mengurusi proses penimbangan dan pengemasan hewan kurban ke dalam plastik. Sedangkan beberapa akhwat seperti ukhti Hani, Alin, Fathimah, dan Melyna terjun ke dapur untuk memasak. Dan, uenaknya....
Dan malam hari sebelumnya, ikhwan2 DIS bahkan menginap di sekolah untuk menjaga sapi kurban agar tetap aman damai sejahtera sentosa dan tidak hilang. ^^
Sip deh, sekian laporan mengenai kegiatan Idul Adha 1430 H.....
Share on Google Plus

About Dewan Islam Sekolah

Ekstrakurikuler yang bernafas Islam di SMAN 1 Magelang sebagai sarana dakwah syiar Islam baik internal maupun eksternal SMAN 1 Magelang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar